Al Bahah “Garden of Hijaz”

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, AL BAHAH – Halo sobat PPMI! Ada dua provinsi yang namanya hampir mirip nih yaitu Al Bahah dan Al Abha. Nah, kali ini kita bahas sedikit yuk tentang provinsi Al Bahah yang keindahanya belum banyak diketahui orang.

Terletak di arah barat daya Makkah dan Madinah, Provinsi Al Bahah memiliki 3 kota besar yang terdiri dari Al Baha, Al Mikhwah dan Baljorashi. Al Bahah sendiri merupakan provinsi terkecil di Kerajaan Arab Saudi. Dapat ditempuh dari Makkah sekitar 4 jam 25 menit melewati perjalanan darat.

Secara etimologi, Al Bahah memiliki arti sebagai “air”. Dalam cerita, kata tersebut merujuk kepada benteng Al Zafir yang terbuka, memiliki penampungan air dan pohon palem yaang berlimpah.

Memiliki julukan sebagai “Pearl of Resorts” dan “Garden of Hijaz”, Al Bahah memiliki keindahan tersembunyi dibalik hamparan padang pasir yang bisa kalian temui di Provinsi ini.

Geografi
Secara geografi Al Bahah terbagi menjadi 3 bagian;

Sarah, yang terdiri dari pegunungan tinggi Hijaz. Memiliki cuaca yang relatif sedang dengan curah hujan yang tinggi. Adapun Tihama merupakan dataran rendah Hijaz yang memiliki cuaca panas dan lembab karena curah hujan yang lebih sedikit. Dan yang ketiga adalah Bukit Timur, yang memiliki 3 musim (panas, dingin dan sedang) karena ketinggian bukit-bukit yang beragam.

Pribumi
Kabilah Ghamid dan Zahran adalah 2 kabilah asli yang mendiami Al Bahah. Kedua kabilah ini berasal dari bangsa Arab kuno kerajaan Saba yang pemerintahannya menyebar hingga Syria dan Lebanon.

Qasaba
Al Bahah memiliki gaya bangunan khas yang disebut dengan Qasbah yang nampak jelas dalam menara Qasaba. Fungsi dari bangunan tersebut masih diperdebatkan dan beragam, dari anggapannya sebagai tempat melakukan pengintai hingga tempat penyimpanan lumbung gandum.

Pasar Sabtu
Pasar Sabtu atau dalam bahasa Arabnya souq as sabt merupakan pasar yang sudah berdiri beratus tahun lamanya. Terletak di kota Al Baljorashi, pasar ini dibuka dari selepas shalat shubuh hingga tengah hari. Pasar legendaris ini banyak dikunjungi oleh pendatang dari luar kota untuk membeli hasil kerajinan tangannya yang terkenal.

Makanan Khas
Dagabees dan Aseeda merupakan makanan khas yang sangat lezat dan bergizi tinggi. Terbuat dari dari daging segar yang langsung didapatkan dari peternakan dan diolah secara tradisional. Al Bahah juga terkenal dengan produksi madunyam tiap tahun diadakan festval madu bertaraf internasional di Provinsi ini.

Pendidikan
Al Baha University yang didirikan pada tahun 2006 merupakan satu-satunya universitas negeri yang ada di Provinsi ini. Memiliki 35 program studi, hingga saat ini belum ada mahasiswa Indonesia yang tercatat menempuh pendidikan di sini. Info selengkapnya bisa kalian kunjungi melalui laman https://bu.edu.sa/ .

Tranportasi
Nah bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi Al Bahah, bisa menempuh jalur udara dengan mendarat di bandara domestik Al Bahah. Yang berjarak sekitar 25 km dari timur kota



Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *