Grand Opening Sarasehan Sarasehan PPMI Arab Saudi 2021

Oleh: Muhammad Hamka/Mahasiswa Universitas Islam Madinah

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, MADINAHMengawali bulan April 2021, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Arab Saudi menggelar acara Sarasehan dengan sejumlah alumni Arab Saudi yang kini telah menjadi tokoh dan berperan di berbagai bidang.

Acara dibuka oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Riyadh. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi terlaksananya Sarasehan tersebut. Sebagaimana tema acara “Kontribusi Alumni Arab Saudi Membangun Negeri”, beliau berharap semangat kebangsaan dan keislaman dapat berjalan seirama.

Dimulai pukul 08.00 WIB atau 04.00 WAS, Sarasehan dipandu oleh dua MC: Zaky Askar dan Ali Anshor. Keduanya merupakan mahasiswa aktif Universitas Islam Madinah.

Setelah sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua Acara, Adam Probowo (mahasiswa Kesehatan di Sulaiman Al-Rajhi University) dan ketua PPMI Arab Saudi, Muhammad Ridho Sastrawijaya (mahasiswa Studi Islam di King Saud University) acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi “Narasi Negeri Bambu Runcing” karya Muhammad Rahmad oleh Syahdan Farhani (mahasiswa Universitas Islam Madinah).

Tidak lupa pembacaan al-Qur’an dan lagu Indonesia Raya juga menjadi bagian dari rangkaian acara. 

Dua keynote speaker Sarasehan PPMI Arab Saudi adalah Ustadz Abdullah Said Baharmus, Lc. (Ketua Himpuan Alumni Saudi Arabia) dan Ustadz Bachtiar Nasir, Lc, MM (Ketua Perhimpunan Alumni Jami’ah Islamiyah Madinah).

Dalam materi yang disampaikannya, Ustadz Abdullah Said Baharmus, Lc menyampaikan pentingnya peran perkumpulan alumni Arab Saudi, sebagai wadah untuk bersilaturrahmi, berbagi dan berkontribusi. “Silahkan setiap alumni kembali ke pesantren, organisasi, dan lembaganya untuk sama-sama membangun negeri” pesan beliau.

Selanjutnya Ustadz Bachtiar Nasir, Lc, MM menyampaikan 4 bekal membangun negeri juga 3 tantangannya. Diantara tantangan itu adalah ukhuwah, dakwah, dan tanggung jawab Indonesia milik kita bersama. “Alumni Arab Saudi bukan anti kebangsaan, mereka siap memberikan merah darahnya, dan putih tulangnya, untuk Indonesia” tegas beliau. (MH)



Media dan Informasi PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: