Lomba Menulis Esai

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, JEDDAH – Keragaman budaya di negara kita merupakan modal besar untuk membawa bangsa Indonesia maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Untuk itu, modal besar ini perlu dimaksimalkan melalui gerakan pemberdayaan potensi budaya sebagai sarana kemajuan bangsa.

Pelajar dan mahasiswa Indonesia di Arab Saudi mempunyai peran yang sangat penting dalam memberdayakan potensi budaya Indonesia. Tidak hanya melalui festival budaya saja, pengenalan dan pemberdayaan juga dapat dilakukan melalui karya tulis yang bisa diwariskan. Tulisan-tulisan tentang kebudayaan itu akan memperkaya dunia literasi sekaligus sebagai media untuk menyalurkan ragam cinta terhadap budaya Indonesia.

Oleh karena itu, Divisi Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi membuat program Lomba Menulis Esai di berbagai universitas dan sekolah-sekolah Indonesia yang berada di Arab Saudi. Dengan mengambil tema “Budaya Sebagai Modal kemajuan Indonesia”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan posisi pelajar dan mahasiswa sebagai duta budaya Indonesia di Arab Saudi.

Program yang dilaksanakan 6 September 2020 – 5 Oktober 2020 ini telah melalui beberapa tahap, mulai dari tahap awal yaitu tahap registrasi dan pengumpulan esai, kemudian dilanjutkan dengan tahap penilaian esai oleh para juri, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang sekaligus pembagian hadiah

Dengan total 21 naskah yang diterima, dan telah didapatkan 6 pemenang berdasarkan kategori sebagai berikut:

Kategori Mahasiswa:

Juara 1: Asep Muhammad Hidayatulloh – King Abdulaziz University, dengan judul “Keberagaman Budaya Indonesia, Pondasi Penting Menuju Negara Maju”

Juara 2: Arya Pradipta – King Fahd University for Petroleum and Minerals, dengan judul “Memperkuat Tradisi Gotong Royong sebagai Wajah Kebudayaan Bangsa Indonesia”

Juara 3: Farhan Fadilat Syah – Islamic University of Madinah, dengan judul “Peran Penting Perhimpunan Pelajar Indonesia Se-Dunia dalam Membumikan Gotong Royong melalui Sosial Media”

Kategori Pelajar:

Juara 1: Izzudin Abdurrohman – Sekolah Indonesia Makkah, dengan judul “Peran Pelajar sebagai Duta Budaya Indonesia”

Juara 2: Mahir – Sekolah Indonesia Makkah, dengan judul “Peran Pelajar SILN Saudi Arabia melalui Program Sekolah”

Juara 3: Rofiqi Mathuri – Sekolah Indonesia Makkah, dengan judul “Lunturnya Budaya Indonesia”

Dan tim juri adalah:

1. Muhammad Sahrul Murajjab, Lc., M.Pd.I. (Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Riyadh)

2. Aan Candra Talib, Lc. (Penulis, Founder Rumah Literasi Gorontalo, Alumni Universitas Islam Madinah)

Alhamdulillah Lomba Menulis esai di tahun ini telah selesai dan berjalan dengan sangat baik. Kami ucapkan terima kasih wa jazaakumullah khairan kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga program ini bisa memberikan kontribusi nyata berupa pemikiran tentang kebudayaan serta menebalkan rasa cinta dan cara pandang yang beragam terhadap budaya Indonesia. (MAM)



Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *