Najran “Produsen Tekstil Terbesar Arab Saudi”

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, NAJRAN – Halo sobat PPMI semua! kali ini kita kenalan yuk sama provinsi Najran. Salah satu provinsi yang perkembangannya sangat pesat di Kerajaan Arab Saudi ini dulunya merupakan pusat Yaman yang dikenal sebagai pembuatan pakaian, bahkan Kiswah Ka’bah dulunya dibuat di daerah ini (pada zaman Yemeni Kings of Saba). Najran adalah nama sebuah provinsi di perbatasan selatan Arab Saudi. Berbatasan langsung degan negara Yaman, Najran memiliki luas 149,511 kilometer persegi. Ibukota provinsi ini adalah Kota Najran.

Geografi
Secara geografis, wilayah Najran terbagi menjadi tiga area. Dari dataran yang berada di tengah, kemudian pegunungan di barat dan utara. Juga padang pasir di bagian timur yang menjadi bagian dari wilayah Empty Quarter.

Etimologi dan Pemerintahan
Nama Provinsi ini dinisbatkan kepada Najran bin Saba’ bin Yashqub bin Ya’rub bin Qahtan, karena dialah yang dianggap pertama kali datang ke Najran dan tinggal di sana. Gubernur Najran saat ini adalah Jalawi bin Abdul Aziz Al Saud.

Masyarakat
Najran memiliki populasi sekitar 408.000 pada tahun (2004). Masyarakat Najran memiliki sejarah panjang sejak masa pra-Islam. Najran pernah menjadi daerah komunitas Kristen di semenanjung Arab. Kendati demikian, saat ini masyarakat Najran menganut Agama Islam dengan aliran Sunni, juga terdapat beberapa kelompok Ismaili dan Zaidi.

Kuliner
Beberapa hidangan khas yang dapat ditemukan di Najran diantaranya adalah: Al Burr, hidangan sarapan berupa roti bulat dan biasa dimakan dengan susu, madu atau kurma. Selain itu, ada juga Al Ma’suba, yang dibuat dari tepung jagung dan biasanya disajikan pada acara sermonial khusus. Dan Yemeni Kebda, berupa hati domba dimasak dengan bumbu khas yang otentik.

Pendidikan
Kota Najran memiliki dua universitas yang terkemuka, yaitu Najran University dan Najran College of Technology.

Jika sobat PPMI Saudi sedang di Mekah dan ingin ke Najran, maka jarak yang harus ditempuh sekitar 860 KM (9 jam 34 menit) melalui perjalanan darat. Jika melalui perjalanan udara, kawan-kawan bisa merujuk ke bandara Najran Regional Airport. Perjalanan ke Najran bisa menjadi ageneda napak tilas sejarah yang sangat menarik.



Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *