Provinsi Qassim, Salah Satu Produsen Kurma Terbesar di Timur Tengah

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, QASSIM – Halo sobat PPMI semua! Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu provinsi dengan pendapatan perkapita tertinggi di Kerajaan Arab Saudi dan produksi kurma terenak yang dikenal dengan Tamr Sukkary.

Tidak hanya itu, provinsi ini sangat terkenal dengan ke-Islamannya, dimana masyarakatnya sangat menjunjung tinggi syariat Islam. Wilayah yang tersebar darinya Tauhid yang murni seantero Saudi dengan kemunculan Syaikh Muhammad At tamimi Rahimahullah di Nejd.

Provinsi Al Qassim (Gassim) merupakan salah satu dari 13 provinsi Arab Saudi yang terletak di tengah kerajaan berdekatan dengan Provinsi Riyadh dari arah selatan dan timurnya. Madinah dari arah baratnya dan Al Hail dari arah utara.

Buraydah merupakan Ibukota provinsi Qassim. Unayzah, Ar Rass, Al Midznab, Al Bukhayriyyah dan Riyadh Al Khabra merupakan kota-kota yang berada di Provinsi Al Qassim.

Adapun secara etimologi kata Al Qassim bersumber dati kata Qassimah yang merujuk kepada bukit pasir di kasawan yang banyak sekali tumbuh pohon Haloxylon Persicum.

Pertanian
Provinsi Al Qassim merupakan salah satu produsen kurma terbesar di Timur Tengah. Menghasilkan sekitar 205 ribu ton varian kurma terbaik. Setiap bulan September (umumnya musim panas) banyak diadakan festival kurma seperti di Kota Buraydah, dengan festival kurma terbesar di Kerajaan Arab Saudi.

Peternakan
Selain pertaniannya yang megah, Qassim juga memiliki salah satu peternakan ayam terbesar di Kerajaan yang bernama Al Watania Poultry. Sebagai pemasok ayam di seluruh Kerajaan Arab Saudi, Al Watania memiliki luas 230 kilometer persegi dengan jumlah pekerja 6500 orang. Produk yang dihasilkan pun sangat beragam dari ayam utuh hingga olahan lainnya seperti sosis dan nugget.

Pendidikan
Universitas Negeri (milik kerajaan) yang ada di Provinsi Qassim ialah Qassim University, yang dahulunya (hingga 2004) merupakan cabang dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di Riyadh. Pusat Universitas Qassim terletak di Al Mulayda’ dan memiliki tiga cabang di Unayzah, Al Rass dan Buraydah.

Selain Qassim Unversity, terdapat pula 4 universitas swasta yang diantaranya adalah Qassim Private Colleges, Sulaiman Al Rajhi University, Buraydah Colleges dan Al Ghad International Medical Sciences Colleges.

Kota Ulama
Buraydah dan Unayzah merupakan dua tempat yang paling sering didapati para penuntut ilmu agama dari penjuru dunia. Karena banyaknya ulama-ulama besar yang berasal dari kedua kota tersebut. Sebut saja diantaranya yang hingga saat ini masih hidup seperti Syaikh Shalih Al Fauzan, Syaikh Shalih Aluhaydan dan Syaikh As Sudais Imam Masjidil Haram Hafizhahumullah.

Tempat Wisata
Diantara tempat wisata yang bisa ditemukan di Provinsi Al Qassim ialah Al Shihanah Tower di Al Rass, Traditional Heritage Site di Buraydah, Uyun Al-Jiwa dan Unayzah Heritage di Unayzah. Serta Midznab Mountain, Buraydah Date Festival dan Strawberry Festival di Al Bukhayriyyah.

Transportasi
Buat teman-teman yang mau kesini bisa melalui jalur udara dan mendarat di Bandara Prince Nayef bin Abdulaziz Regional Airport yang terletak di Al Mulayda’. Adapun jalur darat bisa menggunakan jalan mobil biasa ataupun dengan kereta turun di stasiun yang berlokasi di timur Buraydah 10 km dari jalan King Fahd, yang menghubungkan Riyadh, Al Jouf Al Qassim, Hail dan Northern Borders.



Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *