Riyadh Ibu Kota Kerajaan Arab Saudi

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, RIYADH – Halo sobat PPMI semua! Jika Jakarta adalah wajah dari Indonesia, maka tidak berbeda dengan Kota Riyadh milik Kerajaan Arab Saudi. Ibu kota negara memang menjadi lambang dan kebanggaan suatu negara, bahkan tolak ukur kemajuan suatu negara bisa dilihat dari Ibukotanya.

Riyadh yang memiliki 14 kota cabang dan 130 distrik ini, menjadi salah satu kota yang padat dihuni oleh sekitar 64.19% warga Saudi dan 35.81% warga asing.

Kota yang menjadi saksi sejarah lahirnya Kerajaan Arab Saudi Modern ini memiliki banyak sekali festival diantaranya Janadriyah, Riyadh International Book Fair dan Riyadh Season.

Mega proyekpun banyak dibangun di Kota Riyadh salah satunya ialah Riyadh Metro yang menghabiskan sekitar $ 22.5 juta, memiliki total panjang 176 KM dengan 85 stasiun.

Sebelum menjadi Raja, Salman bin AbdulAziz Alu Saud merupakan gubernur kota Riyadh yang menjabat selama 48 tahun dimulai pada tahun 1963 hingga 2011. Kedutaan Besar Indonesia juga berada di kota ini tepatnya di Diplomatic Quarter (DQ) sebelah barat dayanya kota Riyadh.

Sejarah
Riyadh merupakan bagian penting dari sejarah Kerajaan Arab Saudi pertama dengan Ibu Kota Dir’iyah (salah satu distrik di Kota Riyadh) yang dipimpin oleh Al Imam Muhammad bin Saud. Kesepekatan Dir’iyah pada tahun 1744 menjadi asas berdirinya Kerajaan Arab Saudi pertama yang kemudian mengalami keruntuhan dan kebangkitan hingga tiga generasi. Kemudian pada tahun 1902, Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud membuka kota Riyadh dan mengembalikan kekuasaannya kepada keluarga Saud. Yang kemudian pada tahun 1932, dibangunlah kembali Kerajaan Arab Saudi yang ketiga dengan Riyadh sebagai Ibu Kota.

Asal Usul Nama
Nama kota ini diambil dari Bahasa Arab yang berarti taman. Nama Modern ini pada mulanya hanya merujuk pada sebagian pemukiman yang secara perlahan penggunaannya meluas hingga sekaranga ini. Sedangkan pada masa pra-islam tempat ini diberi sebutan Hajar kemudian Nejd.

Pendidikan
Banyak fasilitas pendidikan yang bisa kita temui di Kota ini. Diantaranya King Saud University, Imam Muhammad ibn Saud Islamic University, Princess Nourah bint Abdul Rahman University serta masih banyak lagi kampus-kampus lainnya.

Wisata
Selain terdapat tempat-tempat wisata yang berada di tengah kota seperti National Museum dan King Abdullah Park, Riyadh juga menyimpan keindahan wisata outdoor seperti Red Sand, Edge of The World, Wadi Hanifa dan lain-lain.



Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *