Tabuk, Hamparan Salju Musim Dingin di Arab Saudi

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, TABUK – Halo sobat PPMI semua! Mendengar kata Arab Saudi, yang terbayang di benak kita bisa jadi adalah udara panas, gurun pasir, atau unta. Tapi ternyata tidak hanya itu. Di musim dingin, suhu di Saudi bisa bikin kita menggigil loh. Bahkan di beberapa tempat turun salju.

Salah satunya di Provinsi Tabuk ini dimana salju turun di kawasan Haql di dekat teluk dan pegunungan Jabal Al-Lawz, Al-Daher, dan Alqan.

Dan taukah kamu jikalau Tabuk dikenal debagai ‘The Jewels of Saudi Arabia’. Sebab, pemandangan alam dan sejarahnya yang sangat menawan. Kita bisa lihat bagaimana lukisan-lukisan purba yang berumur ribuan tahun itu di daerah Tayma, tentunya hal ini sayang untuk kawan-kawan lewatkan jika berkunjung ke Tabuk.

Geografi
Provinsi tabuk berada di bagian utara Kerajaan Arab Saudi. Berjarak sekitar 260 Km dari Kota Madinah, Tabuk berhadapan dengan Mesir melalui Laut Merah. Memiliki luas 146.072 kilometer persegi, Ibu kota provinsi ini adalah Kota Tabuk.

Berada di wilayah Madyan, secara geografis daerah ini terkenal dengan pegunungan terjal dengan ngarai-ngarai yang cukup dalam. Pegunungan di daerah ini merupakan sambungan dari deretan pegunungan hijaz yang membentang dari selatan wilayah Arab Saudi hingga pegunungan Sinai di Mesir.

Kota-Kota
Provinisi Tabuk memiliki beberapa kota yang beradah di bawah wilayah administrasinya, yaitu: Ibu Kota Provinsi Tabuk, Tayma, Duba, Al Wajh, Haql, Umm Lajj, Al Bad’ dan juga kota ekonomi baru yang sedang dibangun oleh Arab Saudi, Neom.

Sejarah
Wilayah Tabuk memiliki sejarah panjang sejek 5.000 tahun yang lalu. Wilayah ini dikenal dengan negeri Madyan yang disebut dalam Al-Qur’an, negeri tempat Nabi Syu’aib diutus. Selain itu, di wilayah ini juga Nabi Muhammad bersama 30.000 kaum muslimin bertempur untuk pertama kalinya menghadapi pasukan kekaisaran Romawi Timur.

Pendidikan
Kota Tabuk memiliki dua Universitas yang terkemuka; yaitu Tabuk University dan Fahad bin Sultan University.

Destinasi Wisata
Dengan bentangan alam yang terdiri dari pegunungan, padang luasm hingga pantai, Tabuk memiliki banyak destinasi yang apik untuk dikunjungi. Beberapa lokasi yang populer diantaranya adalah Lembah Al Dissah, Kota kuno Madyan, Grand Canyon Saudi dan Pantai Ras Amashee yang dihiasi kapal terdampar.

Setelah puas jalan-jalan, tak ada salahnya jika mencoba hidangan yang masyhur di provinsi ini seperti Al-Sileeq, Al-Marqouq, Matazeez, dan yang paling favorit adalah Al-Mandi. Yummy!



Sosial, Budaya, dan Olahraga PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *