Tentang PPMI Arab Saudi

PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia) di Arab Saudi berdiri di Madinah pada 21 Februari 2001. Organisasi ini merupakan wadah pemersatu bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Kerajaan Arab Saudi. Menyambungkan silaturahim antar mereka dari sekolah-sekolah dan universitas-universitas yang ada di segala penjuru kerajaan. Kegiatan dari organisasi ini tidak hanya terfokus di ruang lingkup pendidikan saja, namun juga memiliki kegiatan di bidang keagamaan, kebudayaan, kesosialan, keolahragaan, dan kewirausahaan, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Saat ini, pelajar Indonesia di Arab Saudi tersebar di berbagai sekolah (3 Sekolah Indonesia, Sekolah Internasional dan Sekolah Arab Saudi), kemudian mahasiswa Indonesia tersebar di 19 universitas di 16 kota di Arab Saudi (Riyadh, Madinah, Makkah, Jeddah, Dhahran, Dammam, Buraydah, al-Bukayriyah, Jazan, al-Majmaah, Ta’if, Abha, al-Kharj, Najran, Tabuk dan Sakakah). Mayoritas mahasiswa menempuh pendidikan di bidang ilmu ke- Islaman, tapi tidak sedikit juga yang mengambil fokus di bidang umum, seperti sains dan teknologi.

PPMI Arab Saudi pada periode 2015-2017 memiliki 8 cabang yaitu PPMI Riyadh, PPMI Madinah, PPMI Makkah, PPMI Jeddah, PPMI Dhahran, PPMI Qassim, PPMI Jazan dan PPMI Majma’ah. Kemudian pada periode 2017-2019, diresmikan 2 cabang baru yaitu PPMI Thaif dan PPMI Abha. Terakhir pada periode sekarang, diresmikan lagi 1 cabang baru yaitu PPMI Al Kharj. Peresmian cabang-cabang baru ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi dengan para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang mencari ilmu di kota-kota tersebut.

%d bloggers like this: