Turnamen Futsal Pelajar dan Mahasiswa Indonesia se-Arab Saudi 2020

PPMIARABSAUDI.PPI.ID, RIYADH – Divisi Sosial dan Olahraga PPMI Arab Saudi berkolaborasi dengan PPMI Riyadh menyelenggarakan Turnamen Futsal Pelajar dan Mahasiswa Indonesia se-Arab Saudi 2020. Program tahunan ini diadakan sebagai ajang silaturahim dan berolahraga bersama adik-adik siswa dari sekolah Indonesia dan juga para mahasiswa Indonesia dari berbagai kampus di Kerajaan Arab Saudi.

Kegiatan turnamen futsal ini berlangsung selama 4 hari, 2-5 Januari 2020. Diawali hari Kamis (2/1) kedatangan setiap kontingen dari daerah masing-masing. Tim Sekolah Indonesia Makkah dan Sekolah Indonesia Jeddah datang di pagi hari melalui bandara King Khalid dan dijemput oleh panitia menuju asrama King Saud University. Penjemputan melalui terminal Saptco Riyadh dibagi menjadi dua kali penjemputan, pukul 09.00 menjemput tim Islamic University of Madinah dan pukul 14.00 menjemput tim Qassim University, sedangkan tim Sekolah Indonesia Riyadh dan All Star langsung datang dari sekolah dan kampusnya menuju asrama King Saud University.

Pada Kamis malam diadakan Malam Perkenalan. Agenda pada acara tersebut yaitu saling berkenalan panitia dan peserta, pemaparan rinci agenda acara turnamen dari hari Jum’at sampai hari Ahad, dan makan malam bersama.

Di hari Jum’at (3/1) siang diadakan acara pembukaan resmi turnamen futsal yang dihadiri oleh Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Kerajaan Arab Saudi Bapak Dicky Yunus beserta staf KBRI, dan dihadiri juga oleh Mudir Idaroh Minah Abdurrahman Al ‘Amiry. Setelah acara turnamen futsal resmi dibuka, dilangsungkan pertandingan persahabatan antara tim KBRI melawan tim panitia. Turnamen dimulai dengan menggunakan 2 sistem, sistem grup dan sistem gugur. Babak penyisihan grup berlangsung selama hari Jum’at dan Sabtu. 4 dari 7 tim berhasil lolos menuju babak semifinal yang menggunakan sistem gugur, yaitu: Qassim, SIJ, UIM, dan SIM.

Babak semifinal, perebutan juara ketiga dan juara pertama berlangsung pada hari Ahad (5/1). Babak semifinal mempertemukan tim Qassim vs SIM yang dimenangkan oleh tim Qassim, dan tim UIM vs SIJ yang dimenangkan oleh tim UIM. Perebutan juara ketiga antara tim SIJ dan SIM dimenangkan oleh tim SIJ, dan pada pertandingan final tim UIM berhasil memenangkan pertandingan melawan tim Qassim.

Hadiah juara pertama untuk tim UIM sejumlah SAR 2.500, hadiah juara kedua untuk tim Qassim sejumlah SAR 1.500, dan hadiah juara ketiga untuk tim SIJ sejumlah SAR 1.000.

Setelah acara turnamen futsal berakhir, hari Ahad malam seluruh peserta menuju KBRI Riyadh untuk bersilaturahim dengan staf KBRI. Acara ini diawali dengan laporan ketua panitia turnamen futsal, lalu sambutan dari Pensosbud KBRI Bapak Djoko Sulastomo, dan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Acara diakhiri dengan foto dan makan malam bersama seluruh peserta dan panitia serta staf KBRI yang hadir pada acara silaturahim ini.

Setelah acara silaturahim di KBRI berakhir seluruh, beberapa peserta ada yang langsung pulang diantar menuju bandara King Khalid dan terminal Saptco Riyadh untuk kembali menuju daerahnya masing-masing.

Kesan dari seluruh peserta dari turnamen ini sangat positif. Seluruh peserta mengungkapkan terima kasih kepada PPMI Arab Saudi, dan seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini khususnya KBRI Riyadh dan King Saud University. Acara ini juga didukung penuh oleh pihak King Saud University yang telah menyediakan penginapan untuk peserta dan lapangan futsal untuk melangsungkan pertandingan.

Semoga dengan diadakannya turnamen ini semakin menjaga ukhuwwah antar pelajar dan mahasiswa Indonesia di Arab Saudi.



Media dan Informasi PPMI Arab Saudi
Kolaborasi – Dedikasi – Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *